Pengembangan Sumber Daya Manusia

Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) diresmikan pada tahun 2016, dimana bidang ini menggantikan bidang lama yaitu Minat dan Bakat (MIKAT). Bidang ini memnfokuskan pada pengembangan sumber daya manusia yang terdapat dalam Program Studi Psikologi serta mendata minat dan memfasilitasi pengembangan minat bakat yang nantinya akan dikomunikasikan ke tingkat prodi dan fakultas.

UPGRADING

Suatu badan organisasi tidak hanya sebagai tempat pengembangan mahasiswa yang berintelektual, namun juga pengembangan jiwa sosial kemasyarakatan mahasiswa. Teori-teori yang kita terima di bangku kuliah tentu saja tidak cukup menunjang kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa, hal yang terpenting adalah bagaimana implementasinya di masyarakat. Untuk itu, mahasiswa diberikan tanggung jawab besar dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Di dalam suatu organisasi tidak terlepas dari rasa kekeluargaan dan toleransi sesama pengurus dan anggota organisasi, karena dalam mengembangkan potensi yang dimiliki perlu adanya aspek-aspek tersebut. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Psikologi bertanggung jawab mengadakan kegiatan Upgrading dimana sesama pengurus dan anggota organisasi dapat saling berinteraksi dan mengetahui akan tanggung jawabnya masing-masing demi terwujudnya suatu organisasi yang mempunyai nilai manfaat baik dilingkup perkuliahan maupun masyarakat.

MINAT BAKAT

Memiliki SDM baik menjadi salah satu tonggak kemajuan sebuah lembaga ataupun sebuah organisai. SDM yang baik tidak hanya dlihat dari kemampuan akademisnya namun juga dari kemampuan non akademiknya seperti contohnya di bidang olahraga maupun seni. Melihat banyak dan beragamnya potensi dan juga bakat dari mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Sarjana Psikologi Universitas Udayana, dan banyaknya mahasiswa mahasiswa yang terkadang bingung untuk menyalurkan bakat mereka dimana, untuk itu HM Psikologi menyediakan Fungsi yaitu Mikat (minat dan bakat) untuk menyalurkan dan menciptakan bibit-bibit unggul yang nantinya juga akan diperlukan untuk mewakili prodi dalam ajang perlombaan di fakultas maupun universitas.

GATHERING

Dalam sebuah organisasi penting adanya yang disebut dengan proses perkenalan satu sama lain. Hal ini berkaitan dengan bagaiamana organisasi itu mampu menciptakan anggota-anggota yang memiliki rasa kekeluargaan dan tanggungjawab yang tinggi. Dalam proses membentuk anggota-anggota dari sebuah organisasi yang memiliki rasa kekeluargaan dan tanggungjawab yang tinggi perlu adanya proses perkenalan awal. Gathering sendiri adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan anggota-anggota baru dari sebuah organisasi tertentu yang memiliki maksud untuk mempererat kerjasama dan koordinasi sesama anggota baru yang diawali dengan kegiatan perkenalan. Kegiatan gathering meliputi lomba-lomba yang lebih menekankan kerjasama kelompok dan pengetahuan tentang kerjasama team kesejawatan dan peduli satu sama lain.

MAGANG HM

Dalam suatu organisasi kualitas sumber daya manusianya sangat mempengaruhi masa depan dari organisasi, dibutuhkan sumber daya berkualitas yang mampu menjalankan visi dan misi dari organisasinya. Dalam berjalannya suatu organisasi, pergantian kepengurusan merupakan suatu hal yang lumrah terjadi guna memperbaharui dan melanjutkan fungsi dari organisasi itu sendiri. Maka dari itu, dibutuhkan suatu kegiatan sebagai wadah untuk menciptakan dan mengembangkan potensi generasi penerus organisasi yang memiliki berbagai kemampuan untuk melanjutkan atau menjaankan organisasi. Salah satu bentuk organisasi yang berada dibawah program studi adalah Himpunan Mahasiswa Psikologi FK Udayana, dalam menciptakan generasi penerus yang cakap, maka diadakan kegiatan Magang HM Psikologi FK Udayana yang rutin diadakan setiap tahunnya. Dengan adanya kegiatan Magang, diharapkan mahasiswa program studi psikologi mendapat gambaran lebih dalam mengenai HM Psikologi baik dari sisi organisasi, fungsi, dan kegiatan. Harapan lainnya dari diadakannya Magang yaitu memperoleh calon pengurus yang cakap dan berkompeten untuk melanjutkan organisasi selama satu tahun kedepannya.

MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES)

Mahasiswa Berprestasi merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi di berbagai bidang baik dari bidang akademik maupun non-akademik serta mencapai nilai yang tinggi dilihat dari kurikuler, kokurikuler, ataupun ekstrakulikuler yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Adapun HM Psikologi yang memiliki program kerja yakni Mawapres yang digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa atau mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Program Studi psikologi yang akan dikirim untuk mengikuti seleksi Mawapres di tingkat fakultas. Sebelum mengikuti seleksi di tingkat Fakultas mahasiswa akan melalui tahap seleksi di tingkat Prodi yang diseleksi oleh dosen-dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Udayana, dimana mahasiswa yang berhasil melewati tahap ini selanjutnya akan mewakili prodi ke seleksi pada tahap yang lebih tinggi yakni Fakultas, Universitas, maupun Nasional.

REFRESHMENT

Di dalam sebuah organisasi pasti ada yang namanya rasa jenuh dan bosan. Maka dari itu perlu diadakannya yang namanya refreshment. Refreshment merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk penyegaran kembali terhadap kegiatan organisasi yang padat agar kedepannya tetap semangat untuk menghadapi kembali kegiatan organisasi tersebut. Kegiatan ini dilakukan setiap pertenghan dan akhir dari masa jabatan.