Seminar Nasional Psikologi 2017
September 10, 2017
0

Dewasa ini banyak fenomena yang menyangkut remaja yang ditemui di Indonesia. Fenonema yang terjadi tidak hanya fenomena yang negatif tetapi juga ada fenomena positif. Seperti misalnya fenomena “relationship goal” yang banyak digandrungi remaja dengan memposting foto bersama pasangan di media sosial dengan menunjukkan kemesraan, fenemena bergaya “kekinian” agar tidak dikatakan ketinggalan zaman dengan mengunggah foto di media sosial sesuai dengan tren yang sedang “hype” saat ini. Fenomena-fenomena seperti ini wajar muncul di kalangan remaja karena teman sebaya dan pengaruh teman sebaya merupakan figur yang sangat penting pada masa remaja.

Masa remaja juga merupakan masa transisi antara masa kanak-kanak menuju ke masa dewasa dimana masih banyak remaja belum dapat menemukan bagaimana jati diri nyadan sedang dalam proses menemukan jati dirinya. Selain fenomena-fenomena tersebut, remaja juga sering mengalami permasalahan seperti masalah menentukan pilihan yang sangat diinginkan oleh diri sendiri tapi tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh orang tua misalnya dalam hal menentukan jurusan kuliah, permasalahan dengan teman sebaya, permasalahan mengatur waktu, kebiasaan menunda pekerjaan dan tugas hingga masalah percintaan. 

Dengan munculnya berbagai polemik yang dialami oleh sebagian besar remaja inilah, pada tanggal 16 Juli 2017 Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyelenggarakan seminar nasional tahunan yang bertujuan memberi solusi atas permasalahan yang banyak dialami remaja saat ini dari sudut pandang psikologi.

Mengangkat tema “How to Deal With Yourself: Family, Career, Friends, and Love”, Seminar Nasional Psikologi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai parenting dan komunikasi yang aktif, serta mensosialisasikan pentingnya mengatur diri sendiri. Pembicara yang dihadirkan dalam kegiatan ini merupakan orang-orang yang sudah berkompeten dibidangnya, yaitu Tara Adhisti De Thouars, BA., M.Psi. Psi. yang merupakan seorang psikolog klinis yang berfokus terhadap remaja, dan I Gusti Ayu Wulan Budi Setyani, S.Psi., M.Psi., Psi. yang merupakan dosen program studi psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.